Beranda Maluku Utara Wali Kota Ternate Buka Job Fair

Wali Kota Ternate Buka Job Fair

339
0

TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi resmi membuka pendaftaran job fair atau bursa lowongan bagi masyarakat yang belum memliki pekerjaan. Pembukaan Job Fair dibuka langsung oleh Wali Kota Ternate Tauhid Soleman di Gedung Duafa Center, Rabu 20/10.

Wali Kota  dalam sambutannya mengharapkan pembukaan Job Fair 2021 ini dapat menjadikan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi akibat covid 19 di mana pertumbuhan ekonomi Ternate pada tahun 2020 kemarin terkontraksi sebesar minus 0, 85%.

“Pelaksanaan pameran bursa kerja atau Job Fair ini merupakan solusi atas perkembangan ketenagakerjaan di Kota Ternate, dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dapat diketahui dari data penduduk Kota Ternate, pada tahun 2020 mencapai 205000 jiwa dan terdapat 109247 angkatan kerja,” ungkap Tauhid Soleman.

Dari jumlah angkatan kerja tersebut tambah Tauhid, yang bekerja berjumlah 102906 orang dan terdapat jumlah pencari kerja sebanyak 6341 orang atau 5,8 persen serta tingkat pengangguran terbuka.

Tauhid berharap, pembukaan atau pelaksanaan Job Fair ini bisa dilaksanakan pada bulan Juli 2022 tahun depan, dikarenakan bertepatan dengan selesinya ujian sekolah, dan juga penerimaan CPNS.

“Pembukaan Job Fair ini kedepan saya minta untuk dilaksanakan pada bulan Juli, karena bertepatan dengan selesainya ujian sekola, serta adanya penerimaan seleksi CPNS,” harap Tauhid.

Selain itu, Tauhid juga menyampaikan sebelum dibukanya job fair, pemerintah harus terlibat dalam pendampingan kepada para pencari kerja, seperti melakukan pelatihan agar ketiga ada penerimaan para pencari kerja bisa lulus kerja.

Selain itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara, Ridwan Hasan mengatakan, pelaksanaan Job Fair ini diikuti oleh 19 Perusahaan termasuk PT. Harita dan Sub Kontraktor PT. IWIP dengan jumlah total lowongan sebanyak 356 pelamar.

“Pelaksanaan Job Fair ini diikuti oleh 19 Perusahaan termasuk PT. Harita dan Sub Kontraktor PT.IWIP Tempo Pres. diadakannya Job Fair di Ternate karena seluruh kantor perwakilan 19 Perusahaan ini berada di Ternate,” ujar Ridwan.

Selain PT. Harita dan Sub Kontraktor PT. IWIP juga Terdapat Perusahaan PT.Muara grup, Hidup Baru Sejahtera, Aneka gas Industri, Makur Utama Kencana, Sarana Niaga, BLK Ternate, BRI, Telkomsel, Mandala Multifaines, Sejahtera Abadi, Indomaret dan Dua sekawan.

Sementara  itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Ternate Nuraini Nawawi menyampaikan akan menindaklanjuti usulan Wali Kota Ternate, terkait dengan pelaksanaan Job Fair pada bulan Juli serta melakukan pendampingan pada masyarakat pencari kerja.

“Kita akan bekerja sama dengan lembaga Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengasa skil para peserta pencari kerja, sehingga pada saat ada pelaksanaan Job fair dan pihak perusahaan membuka lowongan pekerjaan maka peserta siap menerima lowongan pekerjaan tersebut,” tandas Kepala dinas. (HI)