Beranda Halmahera Selatan Peringati Hari Anak, Harita Nickel Edukasi Siswa SD Tentang Nikel di Pulau...

Peringati Hari Anak, Harita Nickel Edukasi Siswa SD Tentang Nikel di Pulau Obi melalui Program Mendongeng dan Komik

289
0

HALSEL – Perusahaan pertambangan dan hilirisasi, Harita Nickel turut menyemarakkan Hari Anak Nasional 2022 dengan memberikan edukasi tentang nikel kepada ratusan siswa Sekolah Dasar di sekitar Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (29/7).

Kegiatan edukasi tentang nikel tersebut dibalut melalui program “Harita Mendongeng” bertema “Torang Anak Pintar, Masa Depan Bersinar“ dengan membagikan komik berjudul, “Dari Obi untuk Indonesia”.

Komik ini disusun sebagai materi komunikasi Harita Nickel kepada publik, khususnya kepada anak-anak. Komik ini menjelaskan secara sederhana tentang operasional Harita Nickel sebagai salah satu pelaku industri tambang dan hilirisasi nikel di mana Harita Nickel memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan juga pabrik peleburan (Smelter) serta pemurnian (Refinery) nikel yang terintegrasi di Pulau Obi.

Dalam kegiatan tersebut Harita Nickel menghadirkan Mochammad Awam Prakoso yang lebih dikenal sebagai Kak Awam atau Awam Prakoso seorang pendongeng dan pemerhati anak.

Awam Prakoso merupakan pendiri Kampung Dongeng yang kini tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan pada tahun 2013 dia memecahkan Rekor mendongeng terlama (8 jam) nonstop dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Kegiatan Harita Mendongeng ini cukup menghibur ratusan siswa yang hadir melalui pembacaan dongeng mengenai pengenalan dan penggunaan nikel dalam keseharian. Awam Prakoso menceritakan dongeng yang berkaitan dengan nikel dari sudut pandang yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

Setelah mendongeng Awam juga memberikan penyuluhan pada guru terkait cara pendekatan yang berbeda melalui mendongeng dan bisa diimplementasikan saat mengajar.

“Mendongeng bisa dijadikan salah satu opsi yang asyik untuk mendidik siswa,” ujar Awam Prakoso di salah satu sesi sharing-nya dengan para guru SD tersebut.

Sementara itu Awam mengakui perjalanan yang cukup jauh dari Jakarta ke Pulau Obi tidak terasa melelahkan setelah bertemu para siswa yang begitu antusias menyambut kedatangannya untuk mendongeng.

“Anak-anak tidak hanya gembira, tapi juga memetik hikmah dan edukasi tentang nikel yang dihasilkan dari Pulau Obi. Ini terbukti saat setelah mendongeng saya berikan banyak pertanyaan, mereka menjawab secara berebutan,” kata Awam.

“Terimakasih Harita Nickel yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga kita bisa terus hebatkan anak-anak melalui cerita dongeng,” tandasnya.

Sementara itu Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyatakan kegiatan ‘Harita Mendongeng’ ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Anak Nasional Tahun 2022 dengan memberikan hiburan kepada siswa siswi Sekolah Dasar di sekitar Pulau Obi, Halmahera Selatan.

“Selain menghibur dengan mendatangkan pendongeng dari Jakarta, kegiatan ini sekaligus untuk mengedukasi para siswa siswi Sekolah Dasar di sekitar Pulau Obi terkait industri pertambangan nikel dan hilirisasi nikel yang ada di sekitar tempat tinggal mereka,” kata Stevi.

Menurutnya kegiatan ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan bidang pendidikan sebagai bagian dari program pengembangan masyarakat melalui peningkatan kapasitas generasi mendatang bagi pembangunan berkelanjutan. (Rls/HI)