Beranda Halmahera Selatan Safari Ramadan Keliling Pulau Obi, Harita Nickel Bagikan Santunan dan Bingkisan Lebaran

Safari Ramadan Keliling Pulau Obi, Harita Nickel Bagikan Santunan dan Bingkisan Lebaran

5076
0

HALSEL – Harita Nickel menggelar safari Ramadan 1444 Hijriah di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Grup perusahaan tambang dan hilirisasi nikel yang pada minggu lalu melalui entitas usaha PT Trimegah Bangun Persada Tbk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia itu, membagikan santunan dan paket lebaran kepada ratusan warga di tiga kecamatan Rabu (19/23).

Department Head of Community Affairs Harita Nickel, Latif Supriadi mengatakan, kegiatan Safari Ramadan merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang telah diadakan secara rutin oleh perusahaan setiap tahun.

Diterangkan, dalam rangkaian Safari Ramadan tahun 2023 ini perusahaan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan ratusan warga di 14 desa yang tersebar di 3 kecamatan di Pulau Obi. Diantaranya buka bersama dengan warga dan tokoh masyarakat, pembagian santunan kepada sedikitnya 520 anak yatim piatu dan 800 bingkisan Idul Fitri berupa paket lebaran kepada para lansia, janda/duda dan tokoh agama.

“Melalui Safari Ramadan ini, kami bersilaturahmi dan sekaligus ingin berbagi kebahagian kepada masyarakat, khususnya umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa Ramadan dan sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri,” terangnya.

Dari kegiatan tersebut, pihaknya berharap dapat mempererat hubungan dan kebersamaan perusahaan dengan masyarakat yang selama ini telah terjalin harmonis.

“Semua ini tidak lain sebagai komitmen kami untuk senantiasa bersama-sama masyarakat, tokoh agama dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk bergandengtangan membangun daerah dan berkontribusi untuk bangsa,” tegasnya.

Selain di Pulau Obi, Latif menambahkan, Harita Nickel bekerja sama dengan sejumlah instansi juga membagikan lebih dari 3 ribu paket lebaran di Kota Ternate dan Labuha, Maluku Utara.

Sementara itu, sejumlah tokoh mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Harita Nickel. Camat Obi, La Ali La Jarahiya, mengatakan kegiatan yang diiniasi perusahaan tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat. Selain sebagai ajang silaturahmi, juga sangat membantu khususnya warga yang kurang mampu.

“Kehadiran Harita di Pulau Obi telah membawa banyak sekali dampak positif. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama perusahaan yang selama ini telah mendukung program pemerintah,” ungkapnya, saat safari Ramadan di Desa Laiwui, seraya menyinggung kontribusi Harita Nickel yang telah membantu pembangunan kantor Kecamatan Obi dan menyerahkan bantuan ambulans laut belum lama ini.

Selain dari pihak pemerintah, apresiasi juga disampaikan para tokoh agama. Sebagaimana diungkapkan Ustad Ali Zainal Abidin dalam tausiyahnya saat safari Ramadan di Masjid An Nur Desa Kawasi, Kecamatan Obi. Menurutnya bantuan perusahaan kepada para anak yatim piatu, lansia dan janda sangat besar nilai pahalanya, terlebih dilakukan di bulan Ramadan.

“Berbeda dari hadiah, bantuan yang diberikan kepada pihak yang memang sangat membutuhkan itu disebut sedekah. Bagi yang menerima, bantuan ini sangat besar nilainya,” terangnya.

Lebih lanjut dia berharap, kegiatan positif yang telah dilakukan perusahaan dapat terus berkesinambungan. Menurutnya anak-anak yatim piatu, khususnya, memiliki hak untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak untuk bekal masa depan mereka.

Tak hanya dari kalangan muslim, safari Ramadan Harita Nickel juga mendapat sambutan positif dari tokoh agama lain. Jei Tomas Siwabessy, pendeta gereja Eben Haezer di Desa Wayaloar, mengatakan momen buka bersama yang diadakan perusahaan menjadi sarana untuk merekatkan hubungan antar pemeluk agama.

“Kami dari jemaat gereja Eben Haezer, juga gereja Anugerah, sangat senang bisa berkumpul bersama saudara kami dari umat muslimin dan muslimat yang sedang menunaikan ibadah puasa Ramadan. Kerukunan seperti ini harus terus kita jaga demi kelangsungan hidup bersama,” ungkapnya.

Apolinavis F Mbata, Community Relation Manager Harita Nickel, mengatakan bantuan yang didistribusikan ke setiap warga berdasarkan data yang diajukan oleh pemerintah desa setempat masing-masing. Diterangkan, penerima bantuan adalah anak-anak yatim piatu, lansia, janda/duda dan tokoh agama.

“Dalam kegiatan ini kami berterima kasih kepada pemerintah desa yang telah membantu kelancaran kegiatan ini,” ungkapya.

Lebih lanjut disampaikan, selain Safari Ramadan, pihak perusahaan juga melakukan kegiatan serupa pada saat menjelang hari raya agama lain seperti perayaan Natal bagi umat Kristiani. Menurutnya safari hari raya keagamaan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap umat beragama, selain juga dilakukan pada momen-momen lainnya. (Rls/ZM)