Beranda Tidore Jalan Payahe Weda Kembali Longsor

Jalan Payahe Weda Kembali Longsor

683
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TIDORE, Akibat curah hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan beberapa hari terakhir. Senin dini hari, jalan lintas Payahe Weda longsor.

“Bencana Longsor yang terjadi di kilo 8 jalan lintas Payahe Weda ini diperkirakan terjadi pada Senin dinihari”, ungkap Brigpol Afit Buton dan Brigpol Gunawan S Umsohi yang juga Babinkamtibmas di Kelurahan Payahe dan Desa Kosa.

Brigpol Gunawan menambahkan, akibat tanah longsor ini membuat kendaraan lintas, seperti kendaraan roda 4 dan roda 2 tidak bisa melintasi jalan yang menghubungkan dua kabupaten kota yakni Halmahera Tengah dan Kota Tidore Kepulauan.

“Maka dari itu saya dan Babinkamtibmas Kelurahan Payahe, Kecamatan Oba, Brigpol Afit Buton bersama warga Payahe dibantu pengendara roda 4 dan roda 2 membersihkan material longsor”,jelasnya.

Badan jalan yang tertutup material longsor

Sementara itu salah satu warga Kelurahan Payahe, Amus Bakar yang dikonfirmasi media ini mengaku tidak bisa menuju ke Weda, karena material longsor dan pohon yang roboh menutupi badan jalan.

“Saya terpaksa tidak bisa menuju ke Weda ka
rena longsor tersebut menutup badan jalan sehingga mengganggu aktivitas angkutan lintas kabupaten, akhirnya saya dan para sopir serta anggota polisi pun harus melakukan pembersihkan jalan demi kelancaran aktivitas kendaraan dari dan menuju Weda”, tutur Amus.

Lanjut Amus “longsor di jalan lintas Payahe Weda ini sudah sering terjadi setiap musim hujan”, keluh Amus.
Salah satu sopir lintas, Rafit Anwar, mengatakan longsor itu terkesan dibiarkan, padahal, jalan tersebut menjadi satu-satunya jalan darat yang menghubungkan dua kabupaten kota.

Warga dan anggota polisi ikut membersihkan badan jalan yang tertimpa material longsor

“Untuk itu kami berharap pemerintah mengambil tindakan terkait longsor ini karena ini menyangkut kepentingan banyak orang,” pintanya.

Kapolsek Oba Iptu Abo Welang kepada media ini mengatakan, pada pukul 18.00 WIT kendaraan sudah bisa melewati jalan lintas Payahe Weda karena warga Payahe, sopir lintas dan dibantu anggota Polsek Kecamatan Oba membersihkan jalan secara manual.

Kapolsek juga menghimbau kepada pengguna jalan apabila melewati jalan lintas Payahe Weda dalam kondisi hujan agar diharapkan berhati-hati.

“Kepada pengguna jalan, agar berhati-hati melintasi jalan, apabila curah hujan sedang tinggi”, himbau Kapolsek. (HI)